Obat Stress
Buat yang lagi punya masalah, jenuh, sedih or stress, semoga prosa dibawah ini bisa membantu, silakan dicoba dan dihayati.

*SEJENAK*

Berdiri didepan hamparan ombak yang terbentang luas.
Memejamkan mata merasakan kepiluan
Tidak ada salahnya mengangkat kedua tangan hingga horizontal
Lalu menarik nafas dalam-dalam dan merilekskan pikiran
Mencoba meresapi seruan tarian ombak
Sambil menikmati hembusan angin membelai kulit
dan tidak luput merasakan hangatnya butiran pasir dikaki
Lalu…..
Membiarkan pikiran melayang sejenak
Dan membiarkan pula jiwa serta hati bermain sejenak
Ketika jiwa, hati, raga dan alam bersatu
Maka… Menarilah, menyanyilah dan menangislah bersama
Serta menjeritlah bersama
Mengeluarkan segala rintihan yang menggelora dan membara
Menikmati detik demi detik adegan ini
Hinga berlarut didalamnya
kemudian…. membuka mata
dan memejamkannya kembali
lalu……..
mengulangi lagi ritual sebelumnya
Karena……..
Hati dan jiwa butuh waktu dan ruang
Untuk mengekspresikan tinta-tinta yang telah menorehnya.
Read More...
Termaksud Selingkuh Ga Yah?
Buzz!! Buzz!!
"I'm here' dengan cekatan langsung reply message di yahoo messenger.
"Gw lagi mikir neh, tadi temen kantor gw ngeliat chattingan gw ma cewek, katanya dia kalau gw selingkuh. Padahal cuma sekedar chatting, telepon dan lunch bareng karena kantornya ga jauh dari kantor gw. Lagian ga ada apa2 kok diantara kita, cuma sekedar pembicaraan ringan, ga menyinggung hal-hal mesra. Apa ini juga disebut selingkuh?"
#------#

Ehm... apa ada yang tau jawabannya??

Makna selingkuh sebenarnya sangat kompleks, ada yang mengatakan kalau suatu hubungan yang dilakukan dengan orang lain dalam bentuk apapun tanpa sepengetahuan pasangannya dapat didefinisikan suatu tindakan selingkuh. Dan kalau melihat artinya dalam kamus Bahasa Indonesia adalah tidak jujur, tidak berterus terang, menyembunyikan sesuatu untuk kepentingan diri sendiri dan curang. Sedangkan menurut Psikolog Zainoel B. Biran yaitu melakukan tindakan yang tidak sesuai dengan komitmennya. Beda lagi pendapat kaum awam  penjelasannya cukup simpel dan tidak teoritis, karena bagi mereka selingkiuh itu  cuma ada tiga kategori yaitu selingkuh mata, selingkuh hati dan selingkuh perbuatan (wuih... berat neh!)

Bila membahas definisi selingkuh pasti masih banyak lagi artinya, karena maknanya bisa berbeda-beda, tergantung dari setiap sudut pandang individu menginterpretasikannya. Tetapi adakah yang mengetahui dimana batasan suatu tindakan sehingga dapat dikatakan selingkuh?? 

Jika salah satu pihak pasangan menaruh hati kepada yang lain sedangkan dia tidak berusaha mewujudkan perasaannya kedalam bentuk suatu tindakan, apakah itu juga disebut suatu perselingkuhan?! dan jika hanya mengagumi apakah juga disebut selingkuh hati?! Tidak jauh beda seperti mengidolakan artis, grup band dll, hanya ada dihati tetapi tidak ada tindakan konkretnya. So... masihkah disebut suatu perselingkuhan?
Lalu jika berkomunikasi dengan selain pasangan, seperti chatting, sms & telepon tanpa bertemu satu sama lain
dan masing-masing pihak mengetahui batasan-batasannya, apakah dibilang suatu perselingkuhan juga?
Jika hal-hal diatas disebut suatu perselingkuhan, lantas bagaimana dengan bentuk sosialisasi seperti jalan bareng, makan bareng dan bahkan curhat?? walaupun tidak ada kontak fisik dan saling menghargai hubungan masing-masing.

Semua ini balik lagi keindividu masing-masing bagaimana menyikapinya, seperti jawaban teman-teman saya ketika menanggapi definisi selingkuh.

"Kalau cuma sekedar chatting, jalan bareng dan makan bareng, itu sih sah-sah saja selama engga mesra-mesraan dan engga ada kontak fisik. Yang namanya selingkuh itu jika salah satu ada yang merasa dirugikan, nah... klo kasus ini kan ga ada yang merasa dirugikan baik hati maupun fisik!" Ini versi dari kaum pria.

Beda lagi versi dari kaum hawa.
"Apapun bentuknya, baik sms, telepon dan sering ketemu disengaja, itu namanya selingkuh, walaupun bagi pria itu hal biasa saja dan cuma sekedar teman. Awalnya memang biasa saja tapi lama kelamaan bisa jadi luar biasa, hal-hal seperti itu yang bisa menjadi pemicu perselingkuhan".

Nah loh?!! yah apapun batasan tindakan yang dapat disebut perselingkuhan yang pasti ga akan enak akhirnya, ada benarnya  juga pendapat versi kaum adam dan hawa tersebut. 
Yang pasti dalam menjalin suatu hubungan... harus ada saling keterbukaan dan toleransi itu sangat penting sekali, biar ga ada kesalahpahaman. Dan ga ketinggalan pula.... 'must believe in each others'.


Selain itu kalau engga berani ambil resiko jangan pernah main api, yah ga??  *_^
Read More...
Mentawai dan Merapi menambah duka Indonesia
Bencana alam menimpa Indonesia secara beruntun dalam beberapa pekan ini. Belum lama banjir badang di Wasior terjadi dan bahkan recovery pun belum selesai kini sudah disusul oleh gempa & sunami di Mentawai pada tanggal 25 Oktober pukul 21.40 wib dengan kekuatan 7,2 SR. Dan sehari setelah duka di  Mentawai kemudian terjadi letusan Gunung Merapi di Seleman, jogyakarta tanggal 26 Oktober sekitar pukul 17.30 wib.

Ketiga kejadian alam tersebut merenggut korban jiwa yang cukup banyak, sanak saudara, harta, kebahagiaan dan juga meninggalkan trauma untuk korban yang selamat. Memang benar manusia tidak dapat mengelak peristiwa alam, tetapi sebagai manusia yang diberi akal oleh Sang Pencipta seharusnya dapat mengantisipasi  semua ini. Dalam hal ini bukan hanya pemerintah saja yang harus mengambil peran, tetapi seluruh Bangsa Indonesia harus berperan serta pula didalamnya. Marilah kita bekerjasama untuk menyelamatkan negeri ini sehingga dapat meminimalisir segala resiko yang akan terjadi.

Pemerintah harus segera bertindak cepat mencari solusi mengingat posisi Indonesia berada diatas pertemuan tiga lempeng benua yang berpotensi menyebabkan gempa (lempeng Indo Australia, lempeng Eurasia & lempeng Pasifik) dan juga banyaknya gunung yang masih aktif  di Indonesia. Pemberian pelatihan dan pendidikan dalam menghadapi bencana alam harus segera di diimplementasikan agar masyarakat  mengetahui apa yang harus dilakukan untuk mengantisipasi resiko akibat bencana alam. Disamping itu jika pulau-pulau kecil yang berpotensi sunami relatif tinggi sebaiknya pulau tersebut dinyatakan tidak layak huni lagi dan pemerintah juga harus mencari & memberikan tempat tinggal baru yang relatif lebih aman dari potensi sunami untuk penduduk pulau tersebut. Dengan adanya detektor bencana alam akan meberikan warning untuk tetap waspada dan siaga terhadap bencana alam, oleh karena itu tolong jangan diabaikan warning tersebut demi keselamatan bersama.

Sudah saatnya menjaga pertiwi ini dengan tidak melakukan pembalakan hutan secara liar yang dapat menyebabkan banjir badang, pembuangan sampah pada tempatnya dan memperhatikan drainase dengan tidak mendirikan pembangunan secara berlebihan.

Jika pertiwi ini hancur, bagaimana dengan nasib bangsa indonesia? dimanakah kita akan tinggal?
Dan apakah DPR masih akan tetap memikirkan kepentingannya sendiri?!! Sampai kapan pertiwi ini akan  terus berduka jika tidak ada kerjasama yang baik didalamnya?!!



Read More...
merayakan kebersamaan keragaman manusia
Lagi asyik-asyiknya baca email, tiba-tiba bunyi lagu.....

Soledad
It's a keeping for the lonely
Since the day that you were gone
.....

Karena lagi nanggung baca, yah... dicuekin tuh ringtone sampe lagunya selese, tapi karena lagunya muter-muter lagi dan sangat mengganggu, akhirnya dengan sangat terpaksa saya angkat juga teleponnya.

"Halu..?" (berusaha berbicara dengan suara jaim, xixiixi...)
"Hence, apa-apaan sih ini gw, Maya"
"Gw pikir siapa, pake no kantor yah? banyak banget line-nya, udah ga ada space lagi tuk simpen no yang lain neh"
"Hahaha... Gw ga lama-lama neh"
"Iya-iya serius deh, lanjut...."
"Dah baca email blum?
"Blum sempet baca, kenapa May?
"Ada ide ga tuk tahun baru nanti kemana?"
"May yakin lw bisa keluar malam tahun baru? nanti kaya tahun lalu lagi?! kita mpe bulukan nungguin lw di Bandar Jakarta (lebay dikitlah, coz dia datengnya setelah jam 2, untung pacarnya sabar, yah ga Eka?! xixixiii...)
"Gw usahain, coz bos gw baru, kemungkinan bisa"
.........

Ga Lama Maya selese telepon, ada suara buzz di YM.

"Hen...."
"Iya Ci, knp?"
"Dah baca email dari Maya mengenai tahun baru blum?"
.........

Gubrak!!! Masih 2 bulan lagi mereka sudah merencanakannya jauh-jauh hari, aye aja masih nyantai-nyantai tuh! (coz punya banyak waktu luang sih, xixiixii..). Mungkin diantara kalian juga sudah ada yang merencanakannya dari sekarang atau juga sudah mempersiapkannya dari jauh-jauh hari sebelum ini (ckckkck... niat banget yah kalau yang ini ^_^), ehm... mungkin juga ada yang cuek bebek seperti saya ini. Sebenernya kalau dipikir-pikir apa sih maknanya tahun baru? padahal sama saja seperti malam-malam biasa, kalau udah jam 12 teng ga ada yang namanya perubahan angka jam, bis itu yah jam 1,2,3 and seterusnya. Mungkin ada yang menganggap biasa saja atau juga ada yang menganggapnya sangat berkesan. Tapi... semua itu balik lagi ke individu masing-masing, tergantung dari setiap individu menginterpretasiinnya. *_^

Yang jelas detik-detik menjelang tahun baru merupakan momen yang dinanti-nantikan oleh sejuta umat di seluruh penjuru dunia. Dimana momen tersebut telah berhasil membuat seluruh keragaman manusia melepaskan sejenak setiap atribut aspek kehidupan dan merayakannya untuk menyambut pergantian waktu ke tahun berikutnya dengan menetapkan resolusi dan harapan kehidupan yang lebih baik dari sebelumnya.

Malam pergantian waktu ke tahun baru adalah momen yang sangat tepat untuk merayakan kebersamaan keragaman manusia dalam menyambutnya, dimana nilai setiap manusia adalah sama karena hanya bisa menyaksikan tanpa bisa mengubah sedikitpun eksistensi waktu, ada atau tiadanya manusia waktu akan terus berjalan dengan ritmenya.

So... Mari kita rayakan malam tahun baru....
Ehm... enaknya kemana yah???
Read More...
Kehidupan di Salah Satu Sudut Kota Bogor

Bogor? my lovely town!! Walaupun dibilang kota angkot, tetep saja bogor is the best dibandingin kota-kota tetangganya ;). Gimana saya tidak begitu mencintai kota ini? masih banyak penghijauan disini, ga terlalu crowded dan gunung-gunung masih kelihatan, apalagi pagi hari, keliatan banget gunung salak dari jendela kamar. Dan klo ingin lebih jelasnya, tinggal naik deh ke genteng (tempat bersemedi :)), semua bukit and gunung kelihatan, mulai dari bukit-bukit sentul, puncak, gunung putri, gunung gede and gunung salak. Wuih!! indah sekali and tentram klo ngeliatnya!! selain itu juga merupakan kota yang strategis klo diliat dari segi lokasi, ga jauh dari jakarta and bandung. Yah... pokoknya i love this town!

Karena Bogor bukan kota besar maka dari segala aspek kehidupan masih dibilang dibawah rata-rata kota jakarta. Begitu juga dengan pergaulan disini, tidak se-ekstrim jakarta. Akan tetapi kehidupan ini tidak statis, dengan adanya kemajuan jaman yang ditandai perkembangan teknologi dan perubahan pola pikir yang semakin modern, maka tidak menutup kemungkinan akan adanya perkembangan behavior yang positif maupun negatif juga. Seperti salah satu fenomena yang pernah saya jumpai tanpa disengaja (ehm... ga sengaja apa sengaja ya.... *_^), tepatnya bulan maret tahun 2009.

Saat itu saya sedang menghadiri perayaan ulang tahun teman saya di food court disalah satu mall di kota Bogor. Sebenarnya tempatnya biasa ja, dari segi makanan maupun penataan ruangannya. Tetapi karena letaknya di lantai 4 dan lumayan tinggi, so that place has a view of Mount Salak, apalagi kalau dimalam hari lampu-lampu lalu lintas dan rumah-rumah yang ada dikaki gunung terlihat sangat indah dan tentunya ditunjang dengan udara yang lumayan sejuk. Ehm... lumayan fantastic atmospherenya, tapi... ada yang lebih fantastic lagi disini, mungkin sebagian orang sudah pada tau dan tidak asing lagi. Sebelumnya saya juga pernah posting di blog wordpress saya, berhubung blog tersebut ingin saya vakumkan, tidak ada salahnya saya mengulas sedikit disini untuk memberi gambaran bahwa influence dari perkembangan jaman sudah tidak ada lagi batas-batasnya.

Ketika kami berada di food court tersebut, salah satu teman saya berkata "sepertinya ada sesuatu yang berbeda disini" dengan seketika kami pun langsung masang mata dan mengobservasi sekeliling kami. Saat itu saya hanya melihat segerombolan ABG di sekeliling kami, mereka berkelompok seperti membentuk komunitas sendiri, yang perempuan dengan perempuan yang lelaki dengan lelaki. Dengan spontanitas saya dan teman-temang yang lain langsung berkata "Apanya yang aneh?" (maklum saya kurang begitu aware dengan lingkungan sekitar saya), teman saya pun langsung bilang "coba perhatiin sekali lagi"

Saya pun langsung mengikuti saran teman saya, dimulai dari sekelompok pria yang duduk disebelah kiri dan kanan meja kami. Setelah saya mengamati beberapa menit sekumpulan pria ABG tersebut sedang bersenda gurau dan tertawa, tetapi ketika saya tela'ah terlihat keganjilan tingkah laku mereka dalam bercanda dan juga gaya mereka berpakaian. Kalau kita lihat sekilas, memang tidak akan kelihatan, jadi butuh waktu beberapa menit untuk melihat siapa mereka sebenernya. Mereka bercanda seperti pria pada umumnya tetapi ada saat dimana mereka bercanda seperti wanita, tangan dilambai-lambaikan dan terkadang bermanja-manja dengan pria disebelahnya. Tingkah laku mereka membuat kami sangat tertarik sehingga tak ada satupun dari kami yang berkomentar, fokus dengan object tersebut. Karena saya masih penasaran dan belum begitu yakin dengan apa yang saya lihat, saya lanjutkan pengamatan saya ke mereka dan bagi saya belum ada bukti yang sangat kuat untuk menyimpulkan siapa mereka.

Tiba-tiba datang seorang pria yang memilih duduk tidak jauh dari meja kami, pria tersebut cukup tampan dan tinggi, sepertinya dia janjian dengan seseorang dan kemudian menunggunya, karena yang ditunggu belum dateng-dateng juga maka dia sering sekali memainkan HP nya, entah SMS maupun nelepon. Ternyata bukan kami saja yang merhatiin kedatangan pria tersebut, bahkan sekumpulan pria-pria ABG itu pun ikut memperhatiin-nya. Dan terlihat sangat jelas klo mereka berusaha untuk mencuri perhatian pria tersebut, dengan bercanda yang sekali-kali melirik kearahnya, bahkan ada kode-kode diantara sesama kumpulan meraka untuk mengajak kenalan dengan pria tersebut. Karena tidak ada satupun usaha mereka yang berhasil mencuri perhatian pria tersebut, lantas salah satu diantara mereka berdiri dan memberi selembar kertas yang berisi salah satu no telepon mereka sambil berkata "Mas, ada teman saya yang mau kenalan dan ini no teleponnya" (sambil nunjukin kesalah satu diantara  mereka dan kembali lagi ke mejanya), Pria tampan itu hanya diam, sama seperti kami  (rupanya dia shock juga hehehe...) Saya dan teman-teman saling melirik satu sama lain dan tersenyum mesem (ga mungkin kan kenceng-kenceng, bisa dikeroyok nanti, uh.. seram). Spontan saya langsung bilang ke teman-teman "hari apa ini?" lalu teman saya pun menjawab "hari sabtu, memang ada hubungannnya?" dan saya pun dengan tertawa miris bilang "engga ada". Kami pun langsung tertawa terbahak dan bilang "hari yang aneh!"

Tidak lama kemudian, datang seorang perempuan menghampiri pria tampan itu, tanpa mempersilakan perempuan itu duduk, pria tersebut langsung mengajaknya bergegas pergi (mungkin dia takut kalau kelamaan, jadinya jeruk makan jeruk dan malah makin doyan, hehehe... kidding!). Waktu pria tersebut pergi pun, pandangan mereka tidak luput dari pria tampan itu sampe bener-bener tidak kelihatan lagi batang hidung. (ckckckckkk... segitunya!!).
Karena mereka sudah berhasil membuat kami terbengong-bengoong, kami pun langsung berpikir, 'jangan-jangan semua yang ada disini ga jauh beda lagi' Dan kami pun langsung melayangkan pandangan sampe ke sudut-sudut food court. Ups!!!!!! ternyata memang benar, hampir setiap kumpulan pria ABG yang disana tidak jauh beda dengan mereka.

Ternyata obeservasi kami tidak berhenti disitu saja, setelah kami melihat sekeliling kami, kami pun langsung melayangkan pandangan kami ke dalam ruangan (karena kami berada diluar ruangan yg view-nya langsung gunung salak). Batasan antara ruang dalam dan luar hanya kaca bening, so... segala segala yang ada disana dapat kami lihat sejauh mata memandang. Diruangan tersebut terdapat sekumpulan girls, tentunya ABG jg, sepertinya umurya tidak begitu jauh dengan kumpulan pria-pria ABG itu, antara 14-17 th (kemungkinan mereka SMP atau SMA). Dengan melihat gaya dan tingkah laku mereka pun kami sudah dapat menyimpulkan "sepertinya ini ga jauh beda dengan pria-pria ABG itu" Dan benar saja, salah satu gadis yang duduk tidak begitu jauh dari depan meja kami beranjak lalu duduk dipangkuan teman wanita yang disebelahnya then...... cium pipi kiri dan kanan (klo ini sih masih biasa), Kemudian pandangan saya alihkan ke meja lain, disana terlihat salah satu gadis bermanja-manjaan dengan teman wanita disebelahnya dan menyandarkan kepalanya kepundak wanita dengan potongan rambut dan berdandan seperti pria (pasangan ini dua-duanya sangat cantik, pria-pria pasti juga tertipu klo liat wajahnya sekilas ^_^) terkadang juga dengan bersikap macho dia membelai-belai rambut wanita itu dan tentunya ga ketinggalan juga dengan berpelukan bahkan tanpa malu-malu berkissing ria beberapa kali didepan umum.(ckckckk.... diacungin jempol tuk keberaniannya, coba dipake tuk yag lain yah, sayang sekali!).

EHm... sudah segini parahnya dunia! Ternyata tempat dimana saya besar telah berkembang pesat telah luput dari pengamatan saya. Mereka menunjukan keeksistensian mereka tanpa sembunyi-sembunyi lagi, tanpa peduli lingkungan sekitar dan norma-norma/batas-batas yang telah mereka langgar. Sebenernya memang hal seperti ini sudah tidak asing lagi, tapi mereka melakukannya ditempat umum dan entah disengaja atau tidak mereka sudah membentuk komunitas sendiri disana dan menunjukan klo tempat tersebut adalah wilayah mereka dan mereka pun tidak perlu lagi pergi ke klub-klub tertentu untuk menunjukan eksistensi mereka.
Sebenernya yang lebih memprihatinkan dari semua itu yaitu mereka terlalu belia untuk masuk ke community tersebut, karena jalan hidup mereka masih panjang dan masih banyak yang mesti dilalui. Banyak faktor yang menyebabkan mereka seperti itu, entah karena faktor genetik atau juga hanya karena eksperimen (karena di usia tersebut kematangan pola pikir & sikap masih labil dalam pencarian jati diri, sehingga... dengan adanya rasa penasaran yang cukup tinggi maka mereka mencoba segala sesuatu yang baru, klo dibilang usia remaja itu adalah usia coba-coba *_^).

Yah... apapun alasannya, sangat disayangkan jika menjadi salah satu bagian dari community tersebut dan tolong jangan di ekspos didepan umum, karena bisa dicontoh oleh adik-adik yang beranjak remaja atau remaja-remaja yang mempunyai rasa penasaran yang sangat tinggi. ^_^
 
Read More...
Hubungan Pisang dengan Muka, adakah??
Kegiatan yang penuh ekspresi itu kalau lagi bercermin, kita dapat melakukan eksperimen sesuka hatinya, ada yang senyum-senyum sambil nunjukin muka manisnya, ada yang mengkerutkan hidungnya seakan-akan menunjukan muka imutnya (padahal sih ga imut sama sekali xixixi.. ), ada yang menyipitkan mata dan ga ketinggalan pula melakukan senam wajah mpe mulut bergoyang selebar-lebarnya (nah klo yang ini ekspresi yang paling lucu coz yang paling males untuk diliat, ga boleh setengah-setengah melakukannya, harus lepas sampe bener-bener keliatan jelek! tapi.... ga apa-apa lah wong yang ngeliat diri sendiri ini ;))
Dan ada juga yang bereksperimen marah karena pengen tau wajahnya klo lagi marah bagaimana, bahkan ada yang berusaha cari tau setting-an yang pas tuk nge-gaet kecengannya entah dengan masang wajah centil atau cool (jadi yang masih jomblo, wajib latihan yang satu ini biar lawan-lawan jenisnya pada tertarik kaya magnet xixixi...).

Seru kan kalau lagi ngeliat kaca?! bisa berekperimen sesuka hatinya, bebas tidak ada undang-undangnya, jadi jangan takut dihukum, asalkan jangan melakukannya didepan umum, tar dikira punya kelainan lagi :p

Ups!! Bukan itu yang sebenarnya ingin dibahas, itu hanya sekedar intermezo ja, biar ga terlalu serius :)
Tapi... tenang ja, masih ada hubungannya dengan cermin.
Jadi begini, setiap saat kan kita selalu bercermin, dari bangun tidur sampe menjelang tidur pasti ga luput dari cermin (khususnya wanita dan juga pria yang suka bersolek :)). Karena terlalu seringnya bercermin, sehingga klo ada perubahan sekecil apapun akan kita sadari secepatnya, apalagi daerah wajah. Bagian ini sangat berperan penting bagi wanita dan ingin terlihat maksimal ketika bercermin, bukannya berharap ingin seperti artis Hollywood, karena kemungkinannya sangat tipis sekali, kecuali dengan operasi (tapi jangan seperti yang dithailand yah ;)).
Ingin terlihat maksimal itu hanya untuk kepuasaan sendiri ja, biar keliatan lebih PD ;)

Karena dengan bertambahnya usia, maka keelastisan kulit pun akan semakin berkurang. Mulai bermunculan guratan-guratan halus diwajah (tanda-tanda penuaan dini) dan tentunya itu akan menjadi salah satu faktor yang sangat mencemaskan bagi kaum hawa. Dengan berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi yang canggih, hal itu bisa diatasi dengan suntik botox dan perawatan-perawatan lain yang tentunya akan sangat menguras kantong.

Dont worry, botox bukan hanya satu-satunya solusi, ada cara alami dan aman, bahkan efek sampingnya sangat minim sekali.

Salah satu cara alami tuk menyamarkan kerut-kerut halus yaitu dengan pisang, siapa yang ga kenal pisang? pasti kita semua kenal pisang kan! (palagi yang tinggal dihutan-hutan hehehe..).
Setelah diteliti pisang mengandug zat-zat yang bermanfaat buat kulit, salah satunya yang dapat menjaga, vitamin C, E & magnesium yang dapat meningkatkan elastisitas dan kelembapan kulit dan juga mencegah proses penuaan dini & melindungi kulit dari kerusakan akibat radiasi sinar ultraviolet serta mempercepat proses penyembuhan luka.

So... udah tau kan hubungannya pisang dengan muka, bukan hanya sekedar obat anti lapar tapi juga bagus tuk kulit :)

Jadi klo ada pisang yang dah kematengan, jangan dibuang, bisa dijadiin masker. Atau klo kita lagi makan pisang bisa disisain sedikit tuk masker. Caranya pisang dibelender atau di hancurin hingga jadi bubur trus ditambahin sedikit air putih (dikit ja biar ga encer), bisa jg air putih diganti dengan air mawar atau madu. Lalu biarkan mengering kira-kira setengah jam dan kemudian dibasuh pake air hangat suam-suam kuku & air dingin. Lakukan secara rutin, dan liat hasilnya.

Klo ada yang nanya, apakah ini bener-bener terbukti, saya sendiri blum tau, karena saya sendiri sedang mencobanya :)
Ga ada salahnya dicoba, wong efek sampingnya minim sekali, kan ini sangat alami :p
Klo baru sekali atau dua kali dah mau langsung keliatan hasilnya, yah.. jangan harap! semuanya butuh proses dan bertahap, jadi mesti rutin and sabar :)

Oh iya, mentang-mentang dah tau manfaatnya, jangan langsung berebutan pisang dengan monkey-monkey tetangga ya ;)

Yang jelas buah-buahan sangat bagus untuk kesehatan dan kecantikan, so... back to nature and healthy lifestyles.

Selamat mencoba :)


Read More...

INGIN BERLANGANAN BLOG KUPASTUNTAS-MATADUNIA ? SILAKAN MASUKAN EMAIL KAMU

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner